Bacaan Qunut Nazilah untuk Doakan Saudara Muslim di Gaza

- 14 November 2023, 23:00 WIB
Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa /Image by rawpixel.com/Freepik

VIBES SUMATRA -- Tiga ormas Islam terbesar di Indonesia, yaitu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), PP Muhammadiyah, dan Persatuan Islam (Persis) telah mengeluarkan seruan bersama untuk umat Islam di tanah air agar mengerjakan Qunut Nazilah di setiap sholat lima waktu. Tujuannya adalah untuk mendoakan keselamatan dan kemenangan saudara muslim di Gaza, Palestina yang sedang menghadapi penjajahan dan pembantaian oleh Israel.

Seruan ini sudah tersebar luas di media sosial dan diumumkan di masjid-masjid di seluruh Indonesia, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Qunut Nazilah adalah doa khusus yang dibaca saat sholat untuk memohon perlindungan Allah SWT dari bencana atau musibah yang menimpa umat Islam.

Menurut data terbaru, lebih dari 11.000 nyawa penduduk Gaza telah melayang akibat serangan brutal Israel sejak 7 Oktober 2023 lalu. Israel terus melakukan agresi militer dan menolak usulan gencatan senjata yang diajukan oleh PBB dan negara-negara lain. Pimpinan Israel, Benjamin Netanyahu, bahkan mengancam akan menghapuskan Gaza dari peta dunia.

Sementara itu, negara-negara Arab yang seharusnya menjadi sahabat dan pelindung Palestina justru diam dan tak berdaya. Saat diminta memberikan dukungan politik, ekonomi, dan militer kepada Palestina, sembilan negara Arab malah bungkam dan ketakutan. Mereka takut menghadapi kemarahan dan sanksi dari Amerika Serikat, sekutu utama Israel.

Sejumlah ormas Islam di Indonesia menilai bahwa satu-satunya cara yang dapat membantu warga Gaza, Palestina adalah dengan berdoa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, mereka mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk melakukan Qunut Nazilah di setiap sholat, tidak hanya subuh, tapi juga zuhur, ashar, maghrib, dan isya. Mereka juga mengimbau umat Islam untuk bersedekah, berpuasa sunnah, dan berikhtiar lainnya untuk meringankan beban saudara muslim di Gaza, Palestina.

Baca Juga: Masyarakat Indonesia Bersatu dalam Aksi Bela Palestina di Monas Jakarta

Tata cara Qunut Nazilah


Qunut Nazilah merupakan qunut yang dilaksanakan karena adanya musibah besar yang menimpa kaum muslimin. Doa Qunut Nazilah bertujuan untuk mendoakan kebaikan dan keselamatan bagi saudara muslim atau keburukan dan laknat bagi kaum penindas terhadap kaum muslim.

Pelaksanaan Qunut Nazilah ini setiap sholat fardhu, sholat Jumat, paling lama sebulan, atau sesuai kondisi yang menimpa kaum muslim. Qunut Nazilah dilakukan pada rakaat terakhir setelah I’tidal (setelah bangkit dari rukuk terakhir).

Qunut Nazilah ini bisa dilakukan saat sholat berjamaah atau munfarid. Saat membaca doa qunut sambil mengangkat tangan, seperti berdoa.

Halaman:

Editor: Azwar Anas

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah