Bus Putra Sulung Ditabrak KA Rajabasa di Perlintasan Tanpa Palang OKU Timur

- 21 April 2024, 19:36 WIB
Bus penumpang Putra Sulung ditabrak KA Rajabasa
Bus penumpang Putra Sulung ditabrak KA Rajabasa /

VIBES SUMATRA - Bus penumpang Putra Sulung tertabrak KA Rajabasa di perlintasan tanpa palang pintu di Jalan Pertanian, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, Minggu (21/4/2024).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang melaporkan bahwa dalam insiden ini, tidak ada penumpang kereta api yang menjadi korban jiwa, namun empat korban jiwa dari penumpang bus dan 15 lainnya terluka.

Azhar Zaki Assjari, Manajer Humas KAI Divre IV Tanjungkarang, menyatakan bahwa insiden terjadi pada Minggu (21/4/2024) sore.

"Tidak ada penumpang KA dan awak kru KA yang menjadi korban jiwa, seluruhnya selamat pada insiden tersebut," kata Zaki seperti dilansir Antara.

Meski demikian, terdapat korban jiwa dan luka-luka di pihak bus. Proses evakuasi penumpang yang terluka ke rumah sakit terdekat dilakukan segera setelah kejadian.

Zaki menjelaskan bahwa kereta api yang terlibat dalam tabrakan adalah KA Rajabasa dan KA Kuala Stabas, yang kemudian mengalami keterlambatan akibat insiden ini.

Bahkan kereta barang juga sempat tertahan. Proses evakuasi berhasil diselesaikan pada pukul 15.24 WIB, memungkinkan perjalanan kereta api untuk kembali normal.

Menurut keterangan Zaki, masinis kereta telah berupaya mencegah tabrakan dengan membunyikan semboyan 35 secara berulang, namun pengemudi bus tidak mengindahkan peringatan tersebut.

"Masinis sudah mencoba menghentikan kereta api, namun karena jarak yang sudah dekat serta laju tonase kereta api, bus akhirnya terseret sekitar 50 meter," ungkap Zaki.

Halaman:

Editor: Azwar Anas

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah